Taman Bermain Gratis Di Kota Depok



Mengajak Anak Wisata Itu Wajib Loh!


Taman Pemuda Pratama

Sebenarnya mengajak anak jalan-jalan, bermain atau wisata salah satu hak anak yang diwajibkan oleh Rasul. Makanya penting banget kan kita sebagai orangtua memberi hak anak tersebut, tapi nih (ada tapinya dan pasti para orangtua mengakui deh) sering kali  kondisi kantong tidak mengijinkan alias keuangan kita pas-pasan. Jangankan buat jalan-jalan, buat kebutuhan sehari-hari atau buat memenuhi semua pengeluaran perbulan saja sudah sangat limit. Sedih banget kan?

Apalagi jika anak kemudian murung dan meminta terus untuk diajak jalan-jalan. Haduw, rasanya dunia seakan mau runtuh. Bukan lebay, ini saya akui loh, tidak bisa memenuhi kebutuhan anak untuk jalan-jalan atau wisata itu sakitnya di sini (baca: dada) karena kan itu juga tidak setiap hari kita lakukan, masa sampai gak bisa. Apalagi selain merupakan hak anak, berwisata bersama anak akan menciptakan bonding moment yang kelak akan menjadi kenangan indahnya.


Taman Pemuda Pratama


Anak-anak yang memiliki kenangan indah sewaktu kecil bersama orangtua bisa menciptakan pribadi yang baik dan emosi yang postif di diri anak. Sehingga mereka bisa tumbuh menjadi orang dewasa yang penyayang, pokoknya memiliki kepribadian yang lebih baik. Mungkin karena hal ini maka Rasul mewajibkan orangtua memberikan hak anak untuk berwisata bersama keluarga.

Karena itu saya dan suami selalu berusaha untuk mencari solusi bisa membawa anak-anak wisata meski ke tempat-tempat sederhana, seperti destinasi liburan ke kebun binatang yang murah meriah,  Taman atau ke taman bermain yang gratis. Gratis? Iya, sekarang banyak taman bermain di kota tempat kita tinggal, salah satunya taman bermain gratis di Kota Depok dekat rumah saya tinggal.

Namun meski gratis jangan berpikir tidak menarik ya, atau taman dengan pohon-pohon, coneblock dan bangku-bangku besi, tidak. Sekarang sudah banyak taman bermain gratis yang berisi fasilitas bermain anak seperti wall climbing, monkey bar, perosotan, dan lain sebagainya yang disenangi anak-anak.


Taman Pemuda Pratama Di Depok



Salah satunya taman bermain gratis di Kota Depok yang saya maksud adalah Taman Pemuda Pratama. Di sini tidak hanya tersedia wall climbing, monkey bar, perosotan, taman pasir, tapi juga ada kolam renang, FTV, pemancingan anak-anak. Loh serius selengkap itu gratis-tis? Gini hari gitu ada kolam renang gratis, FTV gratis.

Iyesss, memang tidak semuanya gratis sih di Taman Pemuda Pratama Depok. Tapi jika dihitung-hitung, banyak sekali permainan anak yang bisa dinikmati gratis di sini. Pijar dan Pendar sampai tidak bosan setiap di ajak ke Taman Muda Pratama karena mereka bisa bermain di area yang mereka sukai, lalu kami sebagai orangtua happy karena bisa membawa anak-anak bermain meski sedang tidak memiliki uang lebih.

Memangnya apa saja area permainan di Taman Pemuda Pratama Depok yang gratis sehingga anak-anak senang?

Baca yuk artikel saya berikutnya tentang area bermain di Taman Muda Pratama Depok yang bisa dinikmati dengan gratis oleh anak-anak, dan juga alamat jelas lokasi taman bermain ini : Piknik Gratis Ke Taman Pemuda Pratama Depok

You Might Also Like

32 komentar

  1. Serunya bermain di arena permainan yang gratis. Bermain tidak harus menghabiskan uang ratusan ribu juga kan?

    Terpenting anak-anak heppy dan mudah dalam pengawasan orang tua.

    BalasHapus
  2. Saat saya masih kecil, orang tua rajin mengajak wisata. Destinasinya yang deket-deket aja, malah seringkali ke tempat yang sama. Tetapi, memang bukan ke mana. Karena buat saya yang terus teringat sampai sekarang adalah kebersamaannya. Makanya kebawa ma saya setelah punya anak. Seneng banget kalau traveling bersama suami dan anak-anak

    BalasHapus
  3. Enak ya mak kalau ada taman bermain gratis kayak gini bisa ajak anak beemain sepuasnya, nggak hitungan jam-jaman gitu, puas pokoknya. Anak senang ibu pun senang ya kaan.

    BalasHapus
  4. Senangnya mulai banyak taman bermain buat anak ya mba. Anak2 awal sampai Indonesia agak gagap jarang bertemu taman bermain. Rupanya ada RPTRA didekat rumah, bersyukur banget 😍

    BalasHapus
  5. Asyik banget ya Mbak, bisa buat mereka.
    Ortu juga happy doong ya karena gak perlu keluarin budget lebih buat main di arena bermain seperti ini. Palingan jajannya aja ya disana 😊

    BalasHapus
  6. Di Cibinong juga sekarang ada taman gratis, enak buat ruang terbuka hijau, tapi aku blm ke sana. hehe. Emang ngajak anak main ga mesti mahal, waktu di Bandung kemarin juga ngajak main anak ke Taman Balai Kota aja, gratis dan nyaman.

    BalasHapus
  7. seneng ya tamannya bagus dan juga lengkap ada banyak permainannya mba di Cimahi sih ga begitu taman cuman ada permainan cem ayunan gitu ga selengkap ini

    BalasHapus
  8. Patut diapresiasi ini pihak yang menyediakan sarana bermain dan bersantai untuk anak-anak dan keluarga kayak gini. Pemerintah atau swasta, Mbak?

    Sebab kebutuhan rekreasi di tengah padatnya aktivitas orangtua atau saat dana belum ada tapi anak-anak maksa minta jalan-jalan, keberadaan taman kota begini amat sangat membantu. Alhamdulillah kalau semua daerah sadar hal-hal kecil begini. Kecil tapi penting banget. Tapi yaa sayangnya belum semua masyarakat dan pemdanya ngeh.

    BalasHapus
  9. Banyak manfaat bermain bagi anak diantaranya memahami diri sendiri, mengembangkan harga diri serta mengembangkan kreativitas anak serta banyak lagi.
    Monggo dicari sendiri, hihihi.

    Apalagi kalau diajak bermain di taman, wah pasti aura wajah ananda penuh kebahagiaan.
    Jadi ingat putriku, Yasmin, dulu saat balita paling senang diajak ke taman.
    Doi langsung melompat-lompat kegirangan :)


    BalasHapus
  10. Sepakat mba, anak-anak harus sering diajak berwisata, kalau yg tua aja bisa bete, suntuk, bosen, apalagi anak2 yg belum bisa atur emosi dg benar. Aku juga berusaha ajak anak2ku jalan tiap weekend. Biasanya wisata alam yang murah meriah seperti main ke sungai dekat Merapi, ke hutan, air terjun, pokoknya tempat baru yg gak menguras kantong :)

    BalasHapus
  11. kereng bangeet...aku juga pemburu tempat wisata gratis mba. nanti mampir ah kalau ke depok

    BalasHapus
  12. Mba, anakku senang banget nih kalau diajak main di taman. Tapi umminya suka juga karena gratis. Hahah. Tapi memang skarang makin banyak ya mba taman bermain gratis yang disediakan pemerintah

    BalasHapus
  13. Aku juga dulu suka banget ajak anak-anak ke taman mba.. tapi di Jakarta belum sempet nih mba. Ada beberapa yang bagus padahal

    BalasHapus
  14. Wah taman bermainnya lengkap bener mba, bisa nggak pulang kalau di situ.
    Kayanya orang tua juga seneng dan betah pasti, hehehe

    BalasHapus
  15. Waaahhh... Seneng banget ya kalau ada taman bermain yang beberapa wahananya bisa dinikmati gratis. Jadi gak terlalu boros hihihi

    BalasHapus
  16. Di Depok banyak taman juga ya, sama kayak di Bogor. Seneng deh kalo tamannya di dekat rumah kita.

    BalasHapus
  17. Menyediakan waktu utk jalan2 bukan hanya utk balita. Anak2 diatas 12 th pun perlu jalan2 terlebih lagi bila sebagai Emak merangkap wanita
    karir. Oo...perlu itu jalan-jalan, nonton atau makan di resto favoritnya.

    BalasHapus
  18. Setuju aku jg banyak kenangan jalan2 bareng ayah skrg baru tau tpt nya murah2 atau gratis..tapi ternyata itu berkesan banget...

    BalasHapus
  19. Anak anakku juga sukanya ke taman. Di sini ada taman kajen. Peosotannya paling jadi favirit

    BalasHapus
  20. Waaaaaahhh, senang ni makin banyak kota dengan ruang terbuka alias taman yang keren dan fungsional ya Mbak.... Semoga kota-kota lain menyusul ni :)

    BalasHapus
  21. ku juga suka main ke taman mbak. anak2 lebih bebas mainnya kalau ke taman

    BalasHapus
  22. Iya dan piknik gak harus jauh-jauh juga ya. Pastinya meluangkan waktu bersama anak jalan-jalan ke luar atau ke taman. Anak-anak seneng banget memang kalau diajak jalan atau piknik.

    BalasHapus
  23. Di Jogja juga nih harusnya diperbanyak taman bermain gratis di tempat terbuka. Jadi anak2 tersalurkan kreatifitasnya

    BalasHapus
  24. Cocok banget untuk liburan bersama keluarga nih, ah jadi pengen ke Taman juga 😊

    BalasHapus
  25. Jangankan anak-anak, saya yag dewasa ini bakalan sering nih berkunjung bund ke Taman Pemuda hahahah
    semua aksesnya gratis ini, tapi meski begitu kita tetap ya menjaga perawatannya juga seperti misalnya buang sampahnya nggak serampangan. Keren gratis bo!

    BalasHapus
  26. Kolam renangnya enakeun yaa...
    Puas anak-anak main di ruang terbuka begini.

    Bebas bereksplorasi.

    BalasHapus
  27. Wah di mana taman ini mbak?
    Aku pas masih tinggal di Depok jg sering banget ke taman deket rumah, kyk Lembah Gurai, Mawar dll :D
    Happy anak2 ke sana, ortu happy jg krn rekreasinya free hehe

    BalasHapus
  28. Sudah bawaannya anak2 lah pengin bermain dan bergembira. Penting juga mengajak mereka ke alam dan menikmati kegiatan fisik. Depok cantik juga ya banyak taman. Masyarakat Depok jadi lebih sehat dong bisa beraksi sehat di taman2 tersebut.

    BalasHapus
  29. Di Serang juga makim banyak taman gratisan, tmp fav aku buat foto2 haha

    BalasHapus
  30. Kapan2 main baremg yuk mba, explore taman dan fotoin bayi2

    BalasHapus
  31. Sebagai orang Depok harus banget nih main2 ke sana bawa anak2. Thanks infonya ya Ennn...

    BalasHapus
  32. dulu pas aku kecil, bisa dibilang aku jaranggggg banget jalan2 ama ortu. bukannya papa ga punya uangnya, tp krn waktu yg ga ada :). makanya pas udh punya anak sendiri, aku udh bertekad hrs bisa sesering mungkin ngajakin mereka wisata. ga ush selalu yg jauh, yg deket2pun jadi. intinya mereka jd tau kalo dunia ini ga sempit. taman gratisan pun anak2 udh seneng banget apalagi kalo dipakein perosotan dan ayunan :D.

    BalasHapus

Top Categories